Mencari Lokasi Virus

jika komputer anda mengalami indikasi seperti gejala-gejala virus , berikut tips mencari lokasi virus yang kemungkinan menjajah komputer kita.

  1. untuk melakukan pengecekan atau mencari TKP( tempat kejadian perkara) , buak program autoruns pilih tab logon , daptar yang ditampilkan merupakan file-file atau program yang berjalan bersama windows ketika kita mengaktifkan komputer. kalu ada file-file yang tidak kita kenal atau aneh dan tidak penting. maka bisa di nonaktifkan , dengan menghilangkan tanda ceklis. tapi hati-hati jangan main menonaktifkan saja karena bisa-bisa windows tidak berjalan. berikut beberapa program yang harus tetap di biarkan di autorun.
  • rdpclip : merupakan aplikasi pertama yang menangani masalah copy file , menyediakan fungsi bagi terminal services server yang mengijinkan copy dan paste antara server dan client. program ini penting untuk keamanan dan kesetabilan komputer.
  • userinit. merupakan kunci proses pada sistem oprasi windows , pada proses boot-up aplikasi ini mengatur urutan start up yang diperlukan , seperti koneksi jaringan dan windows shell.
  • explorer : merupakan program meneger atau windows explorer. aplikasi ini mengatur tampilan windows , menu star, task bar, deskop, dan file meneger. jika di matikan maka tampilan windows tidak akan muncul.
  • ctfmon, merupakan proses aplikasi yang dimiliki microsoft ofice. program ini tidak harus jalan tetapi sebaiknya jangan di matikan.
2. bisa dilihat lokasi file nya di image path , apakah file tersebut merupakan ati virus, tool
untuk printer dan sejenisnya. jika da aplikasi ynag lokasinya di tempat aneh atau di
:\windows\system32. tetapi itu asing bagi kita atau kita tidak pernah menginstall aplikasi
tersebut bisa jadi itu adalah virus.

ada beberapa yang harus kita pelajari dari daftar yang ada dalam auto run, kadang virus. malingsi,trojan,malware. dan sejenisnya akan menggunakan nama yang sama atau mirip dengan aplikasi yang dimiliki windows seperti, explorer, expiorer,exploler,spooler. dan sebagainya. maka perlu dicermati nama dan lokasinya bukan di C:\Windows, bisa jadi ia adalh virus , jika kita hilangkan tanda cek program atau aplikasi tertentu setelah beberapa saat direfresh kembali lagi atau muncul lagi maka kemungkinan besar aplikasi merupakan salah satu virus. dan apabila ada file yang susah sekali di hapus itu kemungkinan virus.

    1 komentar:

  1. thanks sob infonya. emang rawan kompi ane

  2. Posting Komentar

    bagi bagi saran nya yua?